karakter superbodoh berdasarkan isi komputer

Mungkin ada baiknya jika kita membuat suatu kuis “karakter anda berdasarkan isi komputer anda”, tentunya dengan pilihan jawaban yang cukup banyak. Kembali mengoprek isi komputer saya, kali ini saya akan menyimpulkan diri saya sendiri dari data data yang ada pada partisi saya.

Seperti yang pernah saya singgung pada tulisan saya sebelumnya. Data saya mayoritas berada pada partisi D yang saya namakan acerdata, harddisk tersebut dapat dikatakan sebagai gudang utama file file utama saya, hampir semua data saya berada pada acerdata, terkecuali file file code yang berada di default direktori penyimpanan program masing masing.

Acerdata hanyalah 25.2 GB dengan 4.1 GB free. Tentu anda bertanya tanya, kenapa kecil sekali. Sebagai gudang data, angka 25.2 terhitung cukup kecil. Ya, selain karena saya tidak punya harddisk lagi (HDD saya di komputer kampus, sebagai servis untuk teman teman), dan sedang bingung untuk menambah sebuah harddisk eksternal, saya termasuk orang yang “sekali pakai”.



Sekali Pakai

Ini saya sadari setelah saya meneliti dan mengingat apa saja yang terjadi di harddisk saya. Saya termasuk “anime addict” maupun berbagai genre film dari Jepang, terakhir saya mencoba mengikut Kamen rider (ya, satu tipe dengan satria baja hitam dulu). File File tersebut tidak cukup lama saya simpan pada harddisk ini. Seperti film hiburan lainnya, PrisonBreak, Heroes, One Piece, Coffee Prince dan Kamen Rider Decade, saya cenderung “menghabisi” nya setelah menikmatinya. File file tersebut tidak akan lama, PrisonBreak pun dahulu hanya bertahan kira kira 1 bulan (separuh season) pada saat itu. Ini juga berlaku pada File file lain, kuliah, tugas ataupun donlotan, saya cenderung menyimpan versi final tugas, ataupun menyimpan donlotan yang benar benar perlu saja. Dengan kata lain, saya cukup rajin “menghabisi” data data yang tidak diperlukan.

Dari 25.2 GB data saya, 10GB nya merupakan hiburan dan tidak ada data hiburan yang cukup lama ada dalam laptop saya kecuali lagu dan foto. Lainnya hanyalah sekali pakai.

Setia

untuk beberapa data yang bukan bersifat hiburan, saya merupakan pengguna yang setia, dokumentasi hasil oprekan saya pada semester awal, snippet code, folder Folder Proyek (walaupun mayoritas proyek itu gagal) tetap saya simpan di dalam harddisk saya. Hal ini terjadi karena saya merasakan data ini merupakan aset yang berharga yang mungkin ataupun tidak mungkin tetap akan berguna nantinya.

File file tersebut pun sebagian sekedar snippet code, save2an web, tutorial, maupun file berukuran kecil lainnya. Namun dengan adanya file tersebut membantu saya mengingat apa yang pernah saya kerjakan dan apa saja yang bisa saya dapatkan dari file file tersebut

Begitu juga dengan game, hanya 2 buah game saja yang cukup lama bertengger di laptop saya: dota dan Spongebob Monopoly :p. keduanya merupakan teman ketika suntuk dan setan ketika deadline semakin dekat . .

Adil (dalam konteks lain)
ketika membuka Partisi Acerdata saya menemukan banyak sekali folder folder yang saya namai sesuai isinya masing masing, data tentang project tidak saya jadikan satu folder project melainkan berada di direktori Acerdata dengan tambahan tulisan Project di belakangnya. Seperti DelphiProject, IAPProject, ICT09Project, SOAPProject, PrincessProject dan sebagainya. Begitu juga beberapa file yang tidak berafiliasi ataupun tidak bertema sama dengan folder folder tersebut, saya letakkan pada direktori ini langsung, entah akan saya pakai atau tidak

mungkin frase yang bisa saya gunakan adalah “less layer more span” mengutip dari frase yang saya dapatkan pada kuliah Manajemen Industri, dalam suatu organisasi pengurangan hirarki kepemimpinan, ataupun rantai komando dapat mengurangi disinformasi, memberikan perhatian lebih pada area pertanggungjawaban dan memperbesar porsi komunikasi organisasi agar semua elemen tetap mempunyai visi misi yang sama sebagai satu organisasi.

Konsep ini (walaupun terlihat dipaksa) mempunyai ide yang sama dengan bagaimana saya memperlakukan data data saya, file pada direktori sama mayoritas merupakan tema tema besar dimana saya mempunyai porsi interest yang sama besar antara data satu dengan data lain, hanya dengan keberadaan data tersebut di direktori yang sama memberikan gambaran bahwa data tersebut mempunyai kepentingan (ataupun aset) yang cukup besar. Data data yang berada langsung di Acerdata merupakan data yang cukup saya perhatikan. Dan dapat dilihat, file file oprekan yang saya kategorikan dalam folder folder project mempunyai porsi interest yang cukup banyak dari data data seperti kuliah maupun hiburan (walaupun intensitas penggunaan file tersebut juga cukup rendah).

Begitu juga dengan data pada email saya, 11 – 12 dengan perlakuan saya terhadap data data saya. Email yang masuk selalu saya kategorikan seperti email notification ataupun email dari milis, email email seperti itu bagi saya merupakan email yang berprioritas rendah, kalaupun dibuka itupun dibuka ketika jumlah email “unread” menggelitik saya untuk “select all” dan “delete” email email tersebut.


Pilih kasih

Dari ke 4 email yang ada:
email pertama: merupakan email untuk tujuan email bersifat rendah seperti notification, milis. Email ini merupakan email yang paling malas untuk dibuka, kalaupun dibuka, aktivitas yang dilakukan adalah menghabisi notification, dan membaca milis saja.
Email kedua: merupakan email untuk kepentingan serius, email ini saya gunakan untuk memonitor blog, paypal, dan tentunya komunikasi yang bersifat lebih serius.
Email ketiga: merupakan email dengan nama resmi dan digunakan untuk urusan yang dianggap bersifat resmi karena berkaitan dengan nama dan identitas asli lainnya.
Email keempat: merupakan email dengan domain te.ugm.ac.id yang biasa digunakan untuk komunikasi yang berhubungan dengan almamater maupun urusan akademis

sedangkan untuk urusan berselancar, saya termasuk pembaca forum paling besar di negara kita dan pengikut berita IT terkini dari suatu situs berita IT internasional, pengguna normal Plurk dan Facebook dan pengunjung blog yang ramah dengan perantara google

mungkin cukup sekian karakteristik yang bisa dijabarkan tentang seorang superbodoh dengan analisis sok pintarnya.

Categories: my life | 4 Komentar

Navigasi pos

4 thoughts on “karakter superbodoh berdasarkan isi komputer

  1. nice post gan!

  2. waaaaah, caramu memperlakukan email hampir sama mas
    hahahaha
    yg utama yg paling disayang
    yg lain, buat hiburan..yg penting tetap hidup makanya gabung milis yo
    hehehhe

  3. Bahaya tu mas yang “sekali pakai”…hahaha

  4. [quote]suatu situs berita IT internasional[/quote] apa ya namanya?? link plz 😀

Tinggalkan Balasan

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

