ternyata kita butuh semacam buku “facebook dengan baik dan benar”. .

facebook merupakan sebuah situs jejaring sosial . . . blah blah blah .. Mark Zuckenberg …. blah blah..
merupakan situs dengan perkembangan yang paling pesat sejak . . . blah blah blah . .
(sori, saya skip bagian ini, nyebai . . )

Mining malam ini saya buat berdasarkan 2 hal menarik yang saya perhatikan.
1. saya mempunyai beberapa teman dengan kewarganegaraan asing, dan yang sedang berdomisili di luar negeri. saya memperhatikan perbedaan yang cukup unik dengan teman teman saya yang lainnya, dalam hal ini saya mengkotakkan menjadi dua sisi yaitu user mayoritas dengan kategori teman teman saya yang berdomisili dan bergaul di indonesia, dengan user yang mempunyai akses pergaulan ke luar.
2. maraknya buku tentang “how to” untuk situs jejaring sosial, fesbuk juga tentunya dan gadget yg sedang in, blackberry (bahkan buku tersebut terbagi dalam beberapa seri untuk curve, storm, bold dsb). bukan karena maraknya buku, tetapi karena isi buku tersebut ringan, NAMUN user mayoritas tidak mengetahuinya, ya lingkungan user mayoritas seperti yang saya deskripsikan tersebut sebenarnya tidak mengenal facebook

secara garis besar bagi user mayoritas facebook adalah “the next friendster”. ga punya facebook ya ga gaool getoo . .
di facebook kita bisa bertemu dengan teman ngobrol menjalin silaturahmi, saling kirim message, foto, menanyakan kabar, ngobrol, pendeknya facebook sebagai sarana bersosialisasi, keuntungannya adalah tambahan aplikasi yang tidak ada di friendster.
cukup sekian
jika deskripsi facebook menurut anda seperti itu maka anda termasuk user mayoritas.
kenapa saya bisa mengatakan begitu?? mari kita bahas dengan deduksi, kita membandingkan beberapa sampel user mayoritas dengan user bukan mayoritas dengan aspek aspek berikut.

1. rich image
sebaiknya saya bertanya lebih dahulu,
pernah kah anda mengenal fasilitas : page, ads, share, connect.
tahukah anda bahwa anda bisa mensinkronkan blog, foto galery, website, page.

user mayoritas seringkali tidak mengetahui dan tidak mau tahu tentang hal hal diatas, facebook merupakan suatu situs jejaring sosial yang benar benar mengkoneksikan “anda” dengan teman anda. konteks “anda” yang saya maksud adalah bagaimana image “anda” dapat dibangun hingga teman kita mengetahui bagaimana personality seorang “anda”. image tersebut dapat dibangun melalui tulisan, foto anda, website, maupun link link yang share kepada teman.
rich image dapat dibangun dengan menggunakan banyak fasilitas yang mendukung konektivitas user dengan lingkungannya. yang sebenarnya adalah hal biasa bagi user bukan mayoritas, dan hal yang tidak digunakan oleh user mayoritas.

2. sharing
kembali dengan fasilitas yang telah disebutkan pada nomor 1, pernahkah anda sekedar menulis blog, atau membaca artikel, atau streaming youtube dan men “share” kepada teman teman anda???
dari hasil yang saya lihat, user mayoritas tidak melakukannya dan user tidak mayoritas melakukannya. disini kembali terlihat bahwa facebook memberikan fasilitas untuk bersosialisasi yang cukup kaya, kita dapat mensinkronkan blog kita dengan notes, foto kita dengan picasa maupun flixster, mengirim dan men share link artikel dari detik maupun kaskus dan tidak lupa pula fasilitas tag agar orang memperhatikan hal yang kita sharing tersebut, bahkan kita bisa menambahkan page facebook kita pada avatar website kita di luar facebook, ini tidak hanya memberikan jaring sosial antar user facebook, tetapi dengan elemen lain di luar facebook.
user mayoritas cenderung bersosialisasi dengan nge wall, kirim message, foto yang sudah kita kenal melalui friendster, tanpa mengenal hal hal yang membuat facebook begitu kaya, dan parahnya lagi user mayoritas tidak bosan dengan kegiatan seperti itu.bandingkan dengan user minoritas bersosialisasi dengan cara yang lebih berKUALITAS.

3. online shop
bagaimana anda membangun online shop??
user mayoritas terpaku pada, “kita bikin akun baru aja, trus add temen2, nanti foto nya kita tag2 in”.
sekali lagi coba anda konfirmasi dengan lingkungan sekitar anda.
tahukah anda bahwa, jika anda membangun sebuah page, anda dapat memperkenalkan page tersebut kepada komunitas yang tepat?? katakanlah anda mempunyai online hobbies shop, anda dapat membuat iklan tersebut terlihat pada “akun facebook dengan umur antara 15 – 40 tahun berjenis kelamin pria, berdomisili di indonesia”, hanya dengan $10 sehari dan dapat dijadwalkan tentunya.
tahukah anda, dengan page interaksi dari page dengan user akan diperlihatkan kepada teman dari user tersebut, ini memaksimalkan iklan dari mulut ke mulut.

dan tentunya masih banyak yang bisa digali dari penggunaan facebook yang kaya fasilitas ini, daripada terpaku kepada bina atau binasakan, bagaimana jika diarahkan kepada “bina” dengan mempopulerkan “kualitas” dari facebook itu sendiri. bayangkan kualitas jejaring sosial ini jika dimanfaatkan oleh civitas akademika dengan baik.

Iklan
Categories: my life | 4 Komentar

Navigasi pos

4 thoughts on “ternyata kita butuh semacam buku “facebook dengan baik dan benar”. .

  1. wahyu am

    nice post gan 😉

  2. Arif Febriyanto

    nais inpo 😀

  3. sip

  4. Saat sekarang ini facebook banyak juga dimanfaatkan untuk promosi usaha atau bahkan ada juga buat membangun image, partai politik atau calon anggota dewan misalnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: